4 Cara untuk Mengontrol Emosi

CNNMerdeka — Mengetahui cara mengontrol emosi bukan berarti anda mengabaikan atau menekan emosi anda. Tapi anda perlu mengetahui cara untuk menunjukkan emosi dengan cara yang benar dan tidak meledak-ledak. Kita tidak pernah diajarkan cara untuk mengontrol emosi. Maka dari itu, kita perlu mencari tahu sendiri bagaimana cara untuk mengontrolnya sendiri. Terdapat lima cara mudah untuk mengontrol emosi anda. Meskipun awalnya sulit, tapi latihan dan selalu mencoba akan membawa hasil. Berikut adalah tips-tips tersebut:

  1. Melatih kesadaran

Kesadaran dalam hal ini dilakukan dengan bernapas dan mengamati. Cobalah duduk atau berbaring selama 5 menit. Berfokuslah pada frekuensi nafas anda. Dalam latihan ini, kuncinya bukan mengosongkan pikiran tapi lebih pada merasakan. Coba rasakan emosi anda dan coba pahami sebenarnya penyebabnya.

       2. Coba buat catatan

Mungkin terdengar aneh, tapi anda dapat membuat sebuah catatan untuk menulis emosi yang anda rasakan. Menulis memiliki fungsi terapi yang dapat menenangkan. Dengan adanya catatan ini, anda dapat memantau emosi anda karena apa dan seberapa banyak ini terjadi. dan akhirnya anda dapat menemukan solusi yang tepat dalam menyikapinya.

       3. Mengubah fokus pikiran anda

Dalam latihan ini anda akan membiasakan diri untuk memfokuskan pikiran anda. Saat anda marah, anda dapat dengan jelas merasakan bahwa anda sedang marah. Saat menyadari bahwa hal itu terjadi, anda dapat mengingat dalam pikiran anda “Hentikan”. Hal ini dapat dikatakan seperti pengingat dan alarm anda. Setelah emosi berlalu, anda dapat menulis kalimat-kalimat positif untuk menyeimbangkan emosi yang telah keluar.

       4. Melihat bayangan anda di cermin

Saat anda merasa bahwa emosi mulai mengambil alih jiwa anda, carilah sebuah cermin. Bercerminlah dan tersenyum. Meskipun anda tidak ingin tersenyum, cobalah tersenyum selama 2-5 menit dan jangan lepaskan pandangan anda dari cermin. Latihan ini dapat menenangkan pikiran dan emosi anda. Saat anda tersenyum, hormone dalam tubuh akan melepaskan endorfin. Meskipun terpaksa, anda dapat mengontrol emosi anda melihat masalah yang anda hadapi dalam perspektif yang lebih positif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *