5 Manfaat Melakukan Plank

CNNMerdeka — Plank adalah salah satu jenis olahraga yang tidak hanya bagus untuk untuk otot perut. Olahraga ini juga memberikan manfaat bagi otot pada bagian tubuh lain. Hal ini dikarenakan hampir seluruh otot tubuh juga bekerja dalam plank.

Bagaimana Cara Melakukan Plank ?

Sangat mudah untuk melakukan plank. Anda hanya membutuhkan tempat kosong yang cukup untuk meregangkan tubuh.

  1. Pertama, tempatkan lengan bawah hingga siku pada lantai. Pastikan anda meluruskan siku dan bahu anda. Sementara itu, lengan dan pergelangan tangan anda harus sejajar dengan siku anda, membentuk sudut 90ยบ.
  2. Kemudian, tempatkan jari-jari kaki di belakang anda di tanah dan dorong tubuh anda ke atas. Luruskan punggung anda dan sejajarkan dengan kaki anda. Lemaskan leher anda dan jangan tegang.
  3. Tahan selama waktu tertentu (20-30 detik adalah waktu yang dianjurkan)

Manfaat Melakukan Plank

  1. Menguatkan otot

Anda tidak akan mendapatkan perut yang rata hanya dengan melakukan plank. Untuk mendapaykan perut yang rata, anda harus mengkombinasikannya dengan menjaga pola makan dan berolahraga yang lainnya. Plank dapat melatih otot utama dalam tubuh, terutama rectum abdominis (atau yang lebih dikenal dengan sebutan abs).

  1. Meningkatkan metabolism

Plank adalah olahraga yang sangat mudah dan bahkan tidak membutuhkan gerakan yang terlalu banyak. Karena itu, olahraga ini sangat cocok untuk olahraga di rumah. Hanya dengan melakukan plank selama beberapa menit dapat meningkatkan metabolisme.

  1. Memperbaiki postur

Plank membantu pembentukan otot utama dalam tubuh dari panggul hingga bahu. Dengan menguatnya otot tersebut, anda akan memiliki punggung yang tegap dan postur tubuh yang lebih bagus dengan alami. Postur yang bagus juga akan berdampak pada pernafasan.

  1. Meningkatkan fleksibilitas dan mood

Fleksibilitas tidak hanya dapat dirasakan dari stretching yang rutin. Olahraga lain yang dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh adalah plank. Plank dapat membantu meregangkan otot-otot pembentukan punggung dan kaki. Otot yang rileks dapat mengurangi stress yang membebani anda.

  1. Mengurangi resiko cedera

Plank memiliki manfaat yang sangat berpengaruh pada otot perut, punggung, lengan dan kaki. Dapat dikatakan bahwa olahraga ini melibatkan otot dari seluruh tubuh. Otot perut yang kuat dapat menghindari anda dari sakit pada leher dan rasa kaku pada bahu akibat postur tubuh yang kurang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *