7 Efek tak Kasat Mata dari Kekerasan Psikologis

CNNMerdeka — Kekerasan psikologis merupakan salah satu jenis kekerasan yang paling kejam. Karena luka dari kekerasan tidak dapat dilihat secara langsung melainkan membekas di dalam hati. Banyak orang yang tidak menyadari betapa seriusnya kekerasan psikologis karena tidak adanya luka fisik yang terlihat. Konsekuensi dari kekerasan psikologis tidak dapat dilihat langsung oleh mata dan dirasakan orang lain. namun, bagi orang yang mengalami hal tersebut, Ia mengalami tekanan yang besar di punggungnya.

Akibat dari Kekerasan Psikologis

  1. Merasa tidak berharga

Merasa rendah diri dapat menjadi tanda kekerasan psikologis. Banyak orang yang terkadang merasa tidak berharga dan secara tidak langsung merendahkan diri mereka sendiri. Terlebih lagi jika orang tersebut berada dalam situasi kekerasan psikologis, rasa rendah diri akan semakin parah. Sangat penting untuk berada di sekeliling orang yang positif dan mencintai kita. Dari situlah kita akan mendapatkan kekuatan dalam menjalani tekanan dan stress kekerasan psikologis.

  1. Merasa kesepian

Dalam beberapa kasus dan kejadian, pelaku kekerasan cenderung mengisolasi dan memojokkan korban hingga korban pun menjauh dari lingkungan dan keluarganya. Pelaku tersebut ingin korbannya kehilangan dukungan dari orang sekitar. Ada juga pelaku yang dengan sengaja membuat dan menyebarkan rumor palsu tentang korban. Sehingga pada akhirnya Ia akan dijauhi orang sekitarnya.

  1. Merasa bersalah

Salah satu cara pelaku kekerasan psikkologis melakukan kekerasan adalah dengan membuat korban merasa bersalah. Korban akan percaya bahwa sebenarnya Ia yang bersalah dan Ia yang membuatkan pelaku kekerasan membencinya. Perasaan ini akan timbul saat korban merasa rendah diri.

  1. Depresi

Sebagian besar orang yang mengalami kekerasan akan mengalami depresi. Jika depresi tersebut telah mengakar dalam pikirannya, korban bisa saja memiliki pemikiran untuk bunuh diri. Rasa penyesalan dan kesepian akan membuat korban berpikir bahwa satu-satunya cara untuk menyelesaikan ini adalah mengakhiri hidupnya.

  1. Kesulitan mengungkapkan perasaan

Salah satu efek dari kekerasan psikologis adalah korban akan kesulitan mengekspresikan mengungkapkan emosinya. Hal ini juga dikenal dengan sebutan “emotional silence”. Korban kekerasan psikologis telah menumpulkan emosinya untuk membantu mereka melalui kekerasan psikologis.

  1. Insomnia

Insomnia merupakan salah satu efek yang dirasakan oleh korban kekerasan psikologis. Hal ini dikarenakan rasa stress dan gelisah yang mereka rasakan. Mereka akan kesulitan untuk mendapatkan tidur yang lelap dan tenang.

  1. Kesulitan membangun hubungan

Orang yang mengalmi kekerasan psikologis memiliki kecenderungan sulit untuk mempercayai orang lain. Mereka takut jika akan yang mereka rasakan sebelumnya akan terjadi lagi. Karena itulah biasanya mereka akan kesulitan untuk membangun hubungan yang rukun terlepas dari apakah itu hubungan pertemanan atau asmara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *