Mengapa Harus Mengkonsumsi Rumput Laut dan Apa Saja Jenis-Jenisnya ?

CNNMerdeka — Seiring dengan populernya makanan Jepang di berbagai belahan dunia, rumput laut juga ikut menjadi populer. Kini banyak sekali masakan lain selain masakan Jepang yang menggunakan rumput laut. Anda mungkin pernah membaca artikel atau resep tentang pengolahan rumput laut. Namun, mungkin anda bertanya-tanya mengapa kita harus mengkonsumsi rumput laut dan apa saja manfaatnya.

Jenis-jenis rumput laut

Terdapat tiga jenis rumput laut yaitu brown algae, red algae dan blue-green algae.

  1. Brown algae
  2. Nori, tinggi akan protein dan vitamin A dan dapat dikombinasikan dengan makanan yang kering.
  3. Nishime Kombu, mengandung potassium dan iodine. Dapat membuat makanan menjadi manis.
  4. Ito Wakame, anda dapat memasukkan rumput laut jenis ini dalam sayur yang sudah dimasak. Mengandung kalsium, vitamin B dan C serta potassium.
  5. Hiziki, cocok dikombinasikan dengan sayuran jenis akar-akaran seperti wortel. Kaya akan potassium, kalsium dan zat besi.
  6. Arame, memiliki tekstur ringan dan lembut. Kaya akan iodine dan kalsium.
  7. Alaria, kaya akan mineral dan vitamin. Sangat cocok untuk dihidangkan dalam sup.
  8. Red algae
  9. Dulse, sangat cocok dimasak dengan biji-bijian. Mengandung zat besi, fosfor dan potassium.
  10. Agar, mengandung banyak sekali serat dan berbentuk jelly.
  11. Carragreen moss, mengandung karbohidrat kompleks, kalsium dan potassium
  12. Blue-green algae

Spirulina, kaya akan asam amino dan protein. Biasanya dijual dalam bentuk bubuk dan tablet. Bisa ditambahkan dalam sereal, yogurt, jus dan susu.

Mengapa harus mengkonsumsi rumput laut ?

  1. Sangat bernutrisi
  2. Sangat baik untuk penderita diabetes. Karena mengandung kadar gula yang kompleks, rumput laut tidak akan menaikkan kadar gula dalam darah.
  3. Sangat bagus untuk vegetarian. Karena mengandung banyak protein. Spirulina mengandung lebh banyak protein dari telur, ikan dan daging.
  4. Menjadi sumber zat besi untuk tubuh, terutama spirulina yang mengandung enam kali zat besi lebih banyak dari sereal dan bayam. Sangat bagus untuk penderita anemia
  5. Membantu mengatasi hipertensi. Rumput laut dapat menyeimbangkan sistem kardiovaskular dan membantu mengatasi tekanan darah tinggi.
  6. Menjaga tubuh tetap sehat
  7. Meningkatkan ketajaman penglihatan karena mengandung vitamin A yang sangat tinggi, terutama nori dan spirulina.
  8. Meredakan batuk. Rumput laut sangat bagus untuk menyembuhkan flu dan pilek. Dalam obat tradisional banyak digunakan untuk obat penyakit pernapasan. Biasanya dicampur dengan air lemon dan madu.
  9. Menjaga kulit dan rambut tetap sehat. Kandungan zinc pada rumput laut diketahui dapat mengatasi jerawat dan membuat rambut menjadi sehat berkilau.
  10. Sangat bagus untuk tulang dan gigi. Rumput laut Arame mengandung 15 kali kalsium lebih tinggi dari susu. Selain itu, arame juga dapat menghindari osteoporosis dan membantu pemulihan tulang patah.
  11. Sangat bagus untuk sistem pencernaan
  12. Membantu pencernan. Kandungan serat yang tinggi pada rumput laut memiliki peranan penting dalam meningkatkan kelancaran pencernaan.
  13. Membersihkan usus dengan kandung asam alginik. Kandungan ini juga dapat menghilangkan toksin yang menempel di dinding usus.
  14. Menurunkan kadar kolesterol. Mengandung lemak tidak jenuh yang dapat menurunkan kolesterol jahat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *