Pantai Israel Mendadak Didatangi Banyak Ikan Hiu

CNNMERDEKA – Sejak akhir November tahun lalu, banyak ikan hiu terlihat di lepas pantai Israel. Apa yang membuat mereka kesana? Pada bulan-bilan musim dingin, kadang-kadang 50 sampai 100 ikan hiu masuk ke perairan dangkal lepas pantai kota Chadera. Sekitar 50 kilometer di utara Tel Aviv, Israel. Populasi terbesar hiu ini sebelumnya jarang terlihat, kata peneliti kelautan Ejal Bigal. Yang telah mempelajari selama empat tahun gerak-gerik hewan itu di bagian timur Laut Tengah.

Selama 100 tahun terakhir, 95 persen hiu Laut Tengah telah dimusnahkan, kata Ejal Bigal. Karena mereka lebih suka berada di air dangkal dekat pantai, mereka lebih mudah ditangkapi para nelayan. Padahal, jenis hiu Carcharhinus plumbeus yang terlihat di sana termasuk jenis yang lambat berkembang biak – sering setelah 20 tahun. Yang lebih lebih mengherankan, begitu banyak jenis ini yang berkumpul di satu tempat. Ini adalah pemandangan langka.

Baca Juga: Ditemukan Pulau Misterius Di Samudera Pasifik

Ikan-ikan hiu itu tampaknya tertarik oleh air hangat yang dipompa ke laut dari pembangkit listrik terdekat, kata Ejal Bigal, ilmuwan dari Universitas Haifa. Itu sebabnya banyak hiu Carcharhinus plumbeus datang ke lepas pantai Chadera. Ejal Bigal sudah memasang sensor khusus padai 41 ikan hiu untuk memantau pergerakan mereka. Dua ekor hiu sudah ada di Chadera sejak dua tahun lalu, yang lain adalah pendatang baru. Ejal Bigal dan rekan-rekannya melakukan penelitian dan sudah mengumpulkan sampel darah ikan-ikan itu.

Tetapi banyaknya populasi ikan hiu itu juga menarik para pemburu dan penyelam ke daerah itu. Hiu-hiu itu bahkan bisa dilihat dari pantai dengan mata telanjang. Tidak mungkin untuk mencegah orang menonton hiu, kata Ejal Bigal. Tapi dia juga melihat ini sebagai peluang untuk mencerahkan orang perihal hiu. Bagaimanapun, hiu sangat penting bagi ekosistem, karena mereka memakan hewan laut yang sakit dan mengendalikan populasi spesies lain.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *