Jokowi Minta Parpol Pendukung Pantau Proses Penghitungan Suara Pemilu 2019

CNNMerdeka – Pada Kamis 18/4/2019, Capres petahana Jokowi (Joko Widodo) bertemu dengan seluruh ketua umum dan elite partai politik pendukung di Resto Plataran Menteng – Jakarta pusat. Hasto Kristiyanto selaku Sekjen PDIP menyebutkan pertemuan ini untuk memantau proses penghitungan suara Pemilu 2019.

“Kami diundang Presiden Jokowi, dimana para sekjen dan ketua umum pada sore hari ini mengadakan pertemuan untuk melakukan pemantauan, monitoring terhadap seluruh proses rekapitulasi,” kata Hasto menjelaskan.

Menurut Hasto, pada puku; 16.04 WIB, Jokowi tiba di Plataran Menteng dengan mengenakan kemeja berwarna putih. Sementara itu, cawapres Ma’ruf Amin bersama sejumlah ketua umum partai politik telah terlebih dahulu tiba di lokasi.

Ketika ditanya apa yang akan dibahas dalam pertemuan kali ini, Jokowi belum memberikan jawaban. Mantan Gubernur DKI itu hanya tersenyum, kemudian masuk ke dalam Plataran.

Hadir dalam pertemuan ini, Ketum PDIP Megawati Soekarno Putri, Ketum Nasdem Surya Paloh, Ketum Golkar Airlangga Hartanto. Kemudian Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum PPP Suharso Monoarfa dan Ketum PSI Grace Natalie.

Selain itu ada pula petinggi TKN (Tim Kampanye Nasional) Jokowi-Ma’ruf yang juga ikut memantau hasil quick count. Mereka antara lain Erick Thohir dan Arsul Sani .

Jokowi Ungkap Hasil 12 Quick Count Pemilu 2019

Selain itu Jokowi juga mengungkapkan hasil quick count 12 lembaga survey, yakni Jpokowi Ma’ruf memperoleh 54.5% suara, sedangkan Prabowo-Sandi dengan raihan 45.5% suara.

“kita juga akan terus menunggu, menanti penghitungan suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Penghitungan resmi dari KPU yang kita harap secepatnya bisa diselesaikan,” kata Jokowi, Kamis (18/4/19); di Plataran Menteng – Jakarta Pusat.

Jokowi kemarin sempat mengadakan jumpa pers, namun tidak mengungkit hasil penghitungan cepat, karena data yang masuk masih di bawah 70%. Setelah data hampir masuk 100%, saat ini Jokowi buka-bukaan soal hasilnya.

“Tapi quick count dari 12 lembaga survey yang ada sudah menyampaikan angka yang cukup jelas. Saya kemarin belum menyampaikan angkanya karena masih di bawah 70%,” kata Jokowi menjelaskan.

“Tapi hari ini karena sudah hampir mencapai 100%, kami menyampaikan jika hasil quick count dari 12 lembaga survey, Jokowi-Amin mendapat 54.5% dan Prabowo-Sandi meraih 45.5%,” lanjut Jokowi menambahkan.

Jokowi juga mengatakan bahwa quick count dilakukan oleh lembaga-lembaga survey dengan metode ilmiah. Penghitungan cepat ini juga bukan baru pertama kali dilakukan pada Pemilu 2019.

Meskipun sudah dinyatakan menang berdasarkan hasil penghitungan cepat, namun Jokowi meminta para pendukung untuk tetap bersabar menunggu hasil penghitungan KPU.

“Kita semuanya tahu, yang namanya penghitungan quick count adalah penghitungan ilmiah, Yang dari pemilu-pemilu lalu, akurasinya 99% dan hasilnya hampir sama dengan real count,” kata Jokowi.

Jokowi Juga menambahkan himbauan, “Namun demikian, sekali lagi, kita harus tetap sabar menunggu penghitungan resmi dari KPU.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *