Piala AFC U-23 : Indonesia Tersingkir Setelah Ditaklukan Vietnam

CNNMerdeka – Timnas Indonesia kembali harus menerima kekalahan dalam ajang Kualifikasi Piala AFC U-23 2020, setelah ditaklukan Vietnam 0-1. Dengan kekalahan tersebut, maka Indonesia dipastikan tersingkir.

Pada pertandingan yang digelar Minggu (24/3/19) malam WIB, di My Dinh Stadium, Vietnam melancarkan banyak tekanan ke lini pertahanan Indonesia. Namun penjaga gawang Indonesia, Satria Tama mampu melakukan melakukan penyelamatan, meski beberapa kali gawang Indonesia mendapat ancaman dari Vietnam. Babak pertama berakhir imbang tanpa gol.

Memasuki babak kedua, Indonesia berhasil lepas dari tekanan dan sempat beberapa kali mendapat peluang emas. Akan tetapi Marinus dan Egy Maulana gagal memanfaatkan peluang tersebut.

Di menit injury time, gawang Indonesia justru kebobolan. Berawal dari sepak pojok, Trieu Viet Hung berhasil menanduk bola dan membobol gawang Indonesia. Dengan hasil ini, Indonesia berada di posisi ke -3 klasemen Grup K denagn poin 0. Sementara itu Vietnam berada di peringkat ke-2 dengan raihan 6 poin. Sedangkan peringkat -1 diduduki Thailand dengan raihan 6 poin dan keunggulan selisih gol dari Vietnam.

Dengan sisa 1 pertandingan, hasil ini sudah menutup peluang Timnas Indonesia U-23 untuk lolos ke Piala Asia 2020 di Thailand. Di laga terakhir, tim Garuda Muda akan menghadapi Brunei Darussalam pada Selasa, 26 Maret 2019.

Level Indonesia Masih Asia Tenggara, Juara AFF Namun Gagal ke Asia

Dengan menyandang status juara Piala AFF U-22 2019, Timnas Indonesia datang ke Kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Sebelumnya Indonesia sukses meraih gelar turnamen Asia Tenggara itu di Kamboja. Akan tetapi, juara Piala AFF U-22 itu gagal melaju ke Piala Asia U-23 2020, level skuat Garuda Muda ternyata masih sebatas Asia tenggara.

Garuda Muda U-22 menjuarai Piala AFF U-22 2019 setelah sukses menaklukan Thailand yang saat itu menurunkan pemain pelapisnya di partai final. Ketika itu Timnas Indonesia U-22 berhasil mengalahkan Thailand dengan skor 2-1. Euforia sempat menggelayuti Timnas, mulai dari bonus ratusan juta ingga diarak ke Istana Negara.

Indonesia selanjutnya berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Para kontestan lain, termasuk Thailand cukup serius menatap laga ini, dengan memanggil para pemain terbaiknya.

Bertanding melawan Thailand U-23 ‘yang sebenarnya’, Indonesia terbukti masih kalah level. Dalam laga perdana Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2020, Indonesia takluk dengan skor 0-4.

Dengan dua kekalahan ini, Indonesia dipastikan gagal melajuĀ  ke putaran final. Dengan satu pertandingan yang tersisa, skuat Garuda Muda yang belum meraih poin, tidak akan mampu mengejar Thailand dan Vietnam yang dalam 2 pertandingan telah mengoleksi 6 poin. Di pertandingan terakhir, Indonesia akan bertanding melawan Brunei. Terlepas dari hasil apapun yang diraih, Timnas Indonesia U-23 tetap tidak akan mampu lolos ke Piala Asia U-23 2020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *