Tips-Tips untuk Tinggal di Negara Asing

CNNMerdeka — Setiap orang tentunya pernah terpikir untuk berpindah ke luar daerah atau bahkan luar negeri. Ada banyak alasan mengaa seseorang ingin pindah mulai dari pekerjaan, mengikuti pasangan atau keluarga. Tidak hanya mengurus kepindahannya saja yang sulit, tinggal dan bertahan hidup di tempat yang tidak anda kenali tentunya juga sangat sulit. Butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan rumah baru dan menjadi bagian dari negara tersebut. anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini untuk menjalani kehidupan di negara asing dengan nyaman.

  1. Pelajari bahasanya

Mempelajari bahasa dari negara yang akan anda tinggali dapat menjadi langkah awal yang dapat anda lakukan. Perlahan-lahan anda akan terbiasa dengan orang lokal di daerah sana dan berbaur. Saat anda mempelajari bahasa itu, anda akan lebih mudah mengetahui dan memahami apa yang terjadi di sekitar tempat tinggal anda yang baru.

  1. Mengobservasi daerah sekitar

Cara lain yang tak kalah bagusnya adalah dengan observasi daerah sekitar. Saat ada teman anda yang mengajak anda untuk jalan di area sekitar, anda bisa menerima tawarannya dan sekalian meminta Ia untuk menjadi pemandu anda. Hal ini akan membantu anda dalam mengenali lingkungan sekitar.

  1. Mengikuti course atau grup

Anda pastinya memiliki kegiatan atau kelompok saat anda masih berada di rumah anda yang terdahulu. Tidak ada salahnya untuk kembali mengambil course dan mengikuti grup yang sama di tempat tinggal yang baru. Hal ini dapat membuat anda merasa lebih betah dan merasa berada di rumah. Selain itu, anda juga bisa menemukan teman yang memiliki minat yang sama dengan anda.

  1. Mempelajari budayanya

Saat anda pindah ke negara baru, sangat penting untuk mempelajari budaya dan tradisi dari rumah baru anda. Misalnya di Korea warna merah menandakan ketidakberuntungan akan tetapi sebaliknya justru di Cina. Memahami tradisi dan nuansa dari negara baru tempat anda tinggal akan membuat masyarakat lokal menghargai sekeras apa anda mencoba beradaptasi.

  1. Jangan takut untuk meminta bantuan kepada orang lain

Jangan pernah merasa takut untuk meminta bantuan dari warga lokal di lingkungan yang baru. Warga lokal akan senang membantu anda dan akan membuat anda merasa seperti di negara asal. Tidak ada yang lebih menyenangkan dari warga lokal yang ramah.

  1. Tetap menjalin hubungan dengan teman dan keluarga

Pindah ke tempat baru yang anda sama sekali belum kenal bisa menjadi sangat tertekan bagi anda. Terutama jika anda masih sama sekali belum bisa berbicara bahasa di sana. Anda bisa saja merasa kesepian. Untuk mengatasi perasaan tersebut, anda bisa menghubungi teman di kampung halaman anda, telpon keluarga anda secara rutin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *